Tips dan Trik Membasmi Virus

Tips Trik Membasmi Virus
Membasmi virus? Uda kayak hama aja kudu dibasmi. Ya iya bener, ibarat PC atau laptop kita itu adalah harta kita jadi supaya hartanya bagus ya hamanya perlu dibasmi. Tapi pengen tau nih gimana sih caranya membasmi virus itu? Tapiinget ya, disini yang Saya bahas bukan virus flu burung, flu babi atau sejenisnya tapi yang Saya bahas itu gimana caranya untuk membasmi virus komputer. Ati-ati jangan salah sangka. Tutorial ini Saya dapatkan langsung dari Sobat Moch. Lutfi Rahmadi nyang punya website www.mazvi.com . Terima kasih kepada mazvi untuk tutorialnya.

Langsung aja ini Saya kasi cara-caranya  untuk membasmi virus:


Nonaktifkan System Restore
Fungsi utama system restore di windows adalah untuk mengembalikan sistem konfigurasi ke konfigurasi sebelumnya. Supaya sistem yang uda bagus dan gak rusak jadi silahkan matiin fasilitas ini caranya 
klik kanan di My Computer  >>  Properties  >>  System Restore  >>  Turn Off System Restore on All Drive

Matikan Proses Virus
Biasanya proses virus berbentuk seperti folder atau Ms Word. Temen-temen bisa pake Process Explorer, Pocket Killbox, Show Kill Process, The Killer Machine atau software-software yang punya fungsi yang sama lainnya.

Memulihkan Registry
pulihkan registry yang udah di utak-atik sama virus. Bisa pakai Hijack, Registry Cleaner atau bisa juga pake The Killer Machine. Hapus juga Entry Scheduled Tasknya yang dibuat sama si virus.

Hapus Semua File Virus
Bisa pake fasilitas Search di windows buat nemuinnya.

Unhidden File Yang Disembunyikan Virus
Menurut informasi dari Mas Lutfi, virus itu juga gak begitu kejam dengan sampe hapusin file-file kita. Biasanya mentok itu cuma sampe disembunyiin aja. Kita bisa pake CMD alias Command Prompt dan bisa pake attrib -s -h untuk unhidden file tersebut.

Saran Untuk Pencegahan
Hati-hati kalo mau transfer file dari flashdisk dan media penyimpanan lainnya, terus juga jangan mudah goyah imannya sama software atau aplikasi yang WOW. Satu lagi, jangan lupa buat nampilin folder atau file yang statusnya hidden di windows explorer.

Sekian tutorialnya tentang Tips dan Trik Membasmi Virus, semoga bermanfaat buat temen-temen Mister Tauruz. Kalo ada pertanyaan silahkan langsung diutarakan aja dan jangan dipendem tar bisa kencing batu loh :D

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments